Peta Sumatera

Peta Sumatera

Peta Sumatera – Indonesia memiliki gugusan pulau yang terkenal dengan keindahannya di dunia. Salah satu pulau besar dari gugusan pulau tersebut adalah pulau Sumatera. Untuk mengetahui dengan jelas bentuk dari pulau yang satu ini anda bisa melihat langsung peta Sumatera.

Pulau Sumatera menyimpan segudang kekayaan baik dari sektor alam, penduduk maupun budayanya. Jika dilihat dari gambar peta pulau Sumatera, anda akan melihat pulau ini membujur dari utara ke selatan Indonesia. Pulau yang dilewati oleh garis khatulistiwa ini memiliki keragaman yang sangat banyak.

Keragaman ini bisa dilihat dari sumber daya alamnya hingga sumber daya hayatinya. Bagi anda yang ingin mengenal lebih jauh tentang pulau Sumatera, di bawah ini akan disajikan beragam informasi seputar pulau Sumatera.

Setidaknya juga harus tahu jika letak dari pulau Sumatera ini bisa dilihat secara astronomis dan geografis. Selain itu anda juga harus mengetahui pembagian kawasan pulau Sumatera.


Gambar Peta Sumatera

Peta Sumatera


Peta Sumatera Barat

Peta Sumatera


Peta Sumatera Utara

Peta Sumatera


Peta Buta Sumatera

Peta Sumatera


Letak Pulau Sumatera

Di dalam peta Sumatera anda bisa mengetahui letak dari pulau Sumatera ini. Untuk lebih memudahkan anda berikut ini akan dijelaskan letak pulau Sumatera secara astronomis dan geografis. Berikut ini informasinya:

1. Letak Secara Astronomis

Jika dilihat secara astronomis, pulau Sumatera terletak di posisi 6ᵒLU sampai 6ᵒLS dan juga terletak diantara 95ᵒBB sampai 109ᵒBT. Dengan posisi astronomis ini berarti pulau Sumatera berada di kawasan tropis. Bukan hanya itu, bahkan pulau Sumatera juga dilewati oleh garis 0ᵒ (garis khatulistiwa).

2. Letak Secara Geografis

Secara geografis pulau Sumatera terletak pada bagian barat kepulauan Indonesia. Pada bagian utara, pualau Sumatera berbatasan dengan Teluk Benggala, sedangkan pada bagian Timur berbatasan dengan Selat Malaka. Pada bagian barat pulau Sumatera berbatasan dengan Samudera Hindia. Bagian selatan, pulau Sumatera berbatasan langsung dengan selat Sunda.

Ditinjau dari letaknya, pulau Sumatera merupakan pulau yang cukup luas. Luas pulau ini mencapai 473.481 kilometer persegi. Dengan luas yang memadai setidaknya ada 57.940.361 penduduk yang memadati pulau Sumatera (survei sensus 2018). Pulau Sumatera ini dibagi menjadi 10 provinsi.


Provinsi Yang Ada Di Pulau Sumatera

Besarnya pulau Sumatera membuat pemerintahan Indonesia membagi pulau ini ke dalam 10 provinsi. Setiap provinsi memiliki pemerintahan daerah masing-masing. Setiap provinsi yang ada di pulau Sumatera memiliki keunikan masing-masing. Anda bisa melihat 10 provinsi ini di peta Sumatera. Berikut ini 10 provinsi tersebut:

1. Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam

Provinsi yang satu ini merupakan provinsi yang berada di ujung utara pulau Sumatera. Nanggroe Aceh Darussalam memiliki ibukota bernama Banda Aceh. Banda Aceh memiliki julukan sebagai kota serambi Mekah. Hal ini dikarenakan penduduk Aceh mayoritas adalah muslim dan penyebaran agama Islam dimulai dari Aceh. Aceh memiliki banyak pulau kecil termasuk pulau Weh.

2. Provinsi Sumatera Utara

Sumatera Utara adalah provinsi yang terletak pada bagian utara pulau Sumatra tepat pada bagian selatan Aceh. Ibukota Sumatera Utara adalah kota Medan. Sumatera Utara memiliki penduduk asli orang suku Melayu dan juga suku Batak. Bentangan alam di Sumatera Utara sangat Indah. Bahkan Sumatera Utara memiliki danau yang terkenal di dunia yaitu Danau Toba.

3. Provinsi Sumatera Barat

Provinsi Sumatera Barat memiliki ibukota bernama Padang. Sumatera Barat didiami penduduk asli suku Minang. Orang Minang dikenal sebagai orang yang pandai berdagang dan memasak. Bahkan padang memiliki makanan khas yang sudah diakui dunia kelezatannya. Makanan khas itu disebut rendang. Provinsi ini juga memiliki bentangan alam yang menakjubkan.

4. Provinsi Riau

Riau adalah provinsi di pulau Sumatera yang memiliki kekayaan sejarah yang tinggi. Provinsi ini didiami oleh penduduk asli suku Melayu. Kota Pekanbaru merupakan ibukota dari provinsi Riau. Kawasan Riau merupakan kawasan yang memiliki banyak sungai. Riau juga terkenal kaya akan sumber daya alam minyak buminya.

5. Provinsi Kepulauan Riau

Meskipun letaknya tidak menyatu pada pulau Sumatera, namun kepulauan Riau juga masuk wilayah pulau Sumatera. Hal ini dikarenakan kepulauan Riau berada tepat di samping provinsi Riau. Namun karena arealnya luas, kepulauan ini dijadikan provinsi sendiri oleh pihak Indonesia. Pulau yang paling terkenal dari Provinsi ini adalah pulau Batam.

6. Provinsi Jambi

Jambi adalah provinsi yang terletak di tengah-tengah pulau Sumatera. Provinsi Jambi juga didiami oleh mayoritas suku Melayu. Ibukota dari provinsi Jambi adalah kota Jambi. Provinsi Jambi memiliki bentangan alam yang mengagumkan. Bahkan di pulau ini juga terdapat gunung-gunung yang terkenal, salah satunya adalah Gunung Kerinci.

7. Provinsi Bengkulu

Provinsi yang satu ini memiliki nama ibukota yang juga sama dengan nama provinsinya yaitu Bengkulu. Di Bengkulu anda juga bisa menemukan bentangan alam yang sangat cantik. Bengkulu kaya akan rimbunan hutannya yang menghijau. Ada banyak satwa liar yang juga hidup di kawasan hutan Bengkulu. Penduduk asli Bengkulu juga merupakan suku Melayu.

8. Provinsi Sumatera Selatan

Provinsi yang satu ini berada di kawasan selatan pulau Sumatera, jadi wajar jika namanya Provinsi Sumatera Selatan. Palembang merupakan nama ibukota provinsi Sumatera Utara. Sumatera Selatan juga memiliki penduduk asli suku melayu. Bentangan alam Sumatera Selatan juga sangat memukau. Provinsi ini juga memiliki banyak sungai. Salah satu sungai yang terkenal di Sumatera Selatan adalah Sungai Musi.

9. Provinsi Bangka Belitung

Jika anda melihat peta Sumatera, maka anda akan melihat jika provinsi yang satu ini sedikit terpisah dari pulau Sumatera. Biarpun terpisah, namun provinsi Bangka Belitung juga termasuk kedalam bagian dari pulau Sumatera. Ibukota dari Bangka Belitung adalah Pangkal Pinang. Suku Melayu pesisir adalah suku asli masyarakat Bangka Belitung. Provinsi ini terpecah dua yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung.

10. Provinsi Lampung

Provinsi terakhir yang ada di pulau Sumatera adalah provinsi Lampung. Ibukota provinsi Lampung ini adalah kota Bandar Lampung. Provinsi Lampung terkenal dengan keragaman hayatinya. Ada banyak satwa liat yang hidup di dalam hutan provinsi Lampung. Provinsi yang satu ini juga terletak pada bagian selatan pulau Sumatera. Wilayah provinsi Lampung memiliki kondisi alam yang subur. Suku Melayu juga merupakan suku asli dari penduduk Lampung.

Ketika anda melihat peta Sumatera, anda akan melihat semua provinsi yang ada di pulau ini. Sebagai pulau yang besar dan memiliki banyak potensi, Indonesia beruntung memiliki pulau besar yang satu ini. Pulau Sumatera juga merupakan pulau yang memiliki banyak keragaman yang mempesona.

Secara keseluruhan pulau Sumatera adalah pulau yang hijau dengan gunung,bukit, lembah dan juga sungai yang mengalir. Ras Melayu menjadi mayoritas penduduk asli pulau Sumatera. Letak pulau ini juga terbilang strategis. Bahkan banyak negara asing yang memuji pulau Sumatera karena letak dan keindahannya.

Pulau Sumatera juga tidak berdiri sendirian. Ada banyak kepulauan kecil yang mengitari pulau Sumatera. Beberapa kepulauan kecil itu adalah pulau Nias, pulau Batam dan pulau Weh. Semua kenampakan pulau ini bisa anda lihat di peta Sumatera.

Peta Sumatera

Letak Geografis Indonesia

Ayu Utami
3 min read

Letak Astronomis Indonesia

Ayu Utami
3 min read

Peta Surabaya

Ayu Utami
3 min read