Peta Sumatera Utara

Peta Sumatera Utara

Peta Sumatera Utara – Tentunya sudah tidak asing lagi bagi warga provinsi ini. Sumatera Utara merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang dikenal dengan sebutan Sumut. Provinsi yang satu ini terletak di bagian utara pulau Sumatera, itulah mengapa provinsi ini disebut dengan provinsi Sumatera Utara. Sebenarnya jika anda melihat di peta Sumatera, letak dari provinsi ini bukan yang paling utara, sebab provinsi yang paling utara di Sumatera adalah Aceh.

Jika dilihat dari peta Sumatera Utara maka anda akan mengetahui bahwa Medan adalah ibukota dari provinsi ini. Kota Medan masuk dalam daftar kota-kota terbesar di Indonesia. Hal ini dikarenakan keanekaragaman penduduk, ras serta budaya yang ada di kota Medan. Sumatera Utara sendiri merupakan wilayah yang luas dan termasuk  ke dalam provinsi yang memiliki potensi yang besar.

Ada banyak hal informasi penting tentang Sumatera Utara. Di bawah ini akan disajikan informasi penting seputar letak serta nama-nama kota besar yang ada di Sumatera Utara. Letak Sumatera Utara juga bisa kita lihat secara astronomis dan juga geografis melalui peta Sumatera Utara.


Gambar Peta Sumatera Utara

Peta Sumatera Utara


Peta Sumatera Utara Lengkap

Peta Sumatera Utara


Peta Buta Sumatera Utara


Peta Provinsi Sumatera Utara

Peta Sumatera Utara

 


Letak Sumatera Utara

Sumatera utara sudah jelas merupakan provinsi yang ada di pulau Sumatera. Untuk mengetahui bentuk dari provinsi yang satu ini, anda bisa melihatnya melalui peta Sumatera Utara. Letak dari provinsi Sumatera Utara ini sendiri bisa dilihat secara astronomis dan juga geografis. Berikut ini informasinya:

1. Letak Secara Astronomis

Jika melihat secara astronomi, berarti kita mengacu pada posisi Sumatera utara sesuai dengan garis lintang dengan garis bujurnya. Posisi provinsi Sumatera Utara terletak pada titik koordinat 0ᵒ50’ LS – 4ᵒ40’ LU dan 96ᵒ40’ – 100ᵒ 50’ BT. Secara astonomis ini, kondisi provinsi Sumatera Utara sama seperti kondisi provinsi di Indonesia pada umumnya yang tropis.

2. Letak Secara Geografis

Jika dilihat secara geografis provinsi Sumatera Utara sebenarnya terbagi dua bagian. Bagian pertama adalah bagian terbesar yang berada di atas pulau Sumatera, sedangkan bagian yang kedua berupa pulau kecil yang disebut pulau Nias. Pulau Nias berada pada sisi sebelah barat provinsi Sumatera Utara.

Provinsi Sumatera Utara pada bagian utara berbatasan  dengan provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Sedangkan pada bagian selatan provinsi Sumatera Utara berbatasan dengan provinsi Riau. Sisi sebelah timur berbatasan dengan selat Malaka. Di provinsi Sumatera Utara ada beberapa kota penting yang memiliki kerakteristik yang khas.


Kota-Kota Penting Di Sumatera Utara

Sumatera Utara adalah provinsi yang luas, jadi wajar jika provinsi yang satu ini memiliki banyak kota-kota penting di dalamnya. Anda bisa menemukan kota-kota ini dengan mudah dalam peta Sumatera Utara. Beberapa kota ini dianggap penting karena memiliki kelebihan tersendiri. Apa saja nama kota-kota penting itu? Berikut ini ulasannya:

1. Medan

Provinsi Sumatera Utara ibukotanya adalah kota Medan, jadi wajar saja jika kota ini adalah kota yang paling vital di Sumatera Utara. Medan bahkan masuk ke dalam daftar kota-kota terbesar di Indonesia. Kota Medan ditinggali banyak suku mulai dari suku Batak, Melayu dan beragam suku lainnya.

Di Medan terdapat banyak tempat wisata penting. Beberapa tempat wisata menarik di Medan adalah Istana Maimun, Kebun Buaya Asam Kumbang, Masjid Raya, dan Medan Zoo. Untuk bisa sampai ke kota Medan, anda bisa lewat jalur udara melalui bandara Kualanamu.

2. Binjai

Binjai merupakan kota yang letaknya tidak terlalu jauh dari kota Medan. Kota Binjai ini merupakan kota yang berada di sisi utara kota Medan. Mayoritas penduduk Binjai adalah suku asli Melayu. Kota yang satu ini juga cukup maju dibandingkan kota-kota yang lainnya. Pesatnya perkembangan ini karena akses yang mudah menuju kota Binjai.

Di kawasan Binjai anda juga bisa menemukan tempat wisata alam. Salah satu tempat wisata alam yang terkenal di Binjai adalah wisata Palaruga. Semua tempat wisata di Binjai masih tergolong alami.

3. Berastagi

Jika anda mencari kota yang menawarkan keindahan alam pegunungan, maka Berastagi adalah tempatnya. Di sini anda bisa melihat langsung dua gunung yang menaungi Sumatera Utara. Kedua gunung tersebut adalah Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung. Berastagi adalah kota yang sangat subur dan pemandangannya sangat indah.

Di kota ini anda bisa menemui kebun-kebun strawberry dan juga kebun sayur. Kota ini merupakan kota wisata yang wajib dikunjungi wisatawan yang datang ke Sumatera Utara. Kawasan ini bahkan dikenal sebagai kota yang sejuk.

4. Pematang Siantar

Pematang Siantar merupakan kawasan kabupaten Simalungun. Kota yang satu ini bahkan disebut-sebut sebagai kota terbesar nomor 2 setelah Medan. Mayoritas penduduk Simalungun adalah masyarakat suku batak. Maka tidak heran jika anda menemukan banyak orang yang memiliki marga batak di kota ini.

Kota Pematang Siantar juga memiliki banyak tempat yang bisa dikunjungi. Salah satu tempat yang terkenal di Siantar adalah kebun binatangnya. Selain itu, kawasan Siantar juga dikenal dengan perkebunan tehnya yang luas.

5. Parapat

Danau Toba adalah danau terbesar yang ada di Sumatera Utara, bahkan termasuk ke dalam danau terbesar di Indonesia. Untuk menikmati Danau Toba dengan puas, maka anda harus menuju kota Parapat. Kota Parapat adalah kota yang diberkahi dengan keindahan alam. Mayoritas penduduk Parapat adalah suku Batak.

Parapat dikenal sebagai kota wisata yang menyuguhkan keindahan danau Toba. Ada banyak hotel dan penginapan yang langsung mengarah kearah danau. Apalagi di tengah Danau Toba terdapat pulau yang disebut dengan nama Pulau Samosir.

6. Tanjung Balai

Di pesisir timur provinsi Sumatera Utara terdapat sebuah kota yang terkenal dengan hasil lautnya, kota tersebut dinamakan kota Tanjung Balai. Kota Tanjung Balai bahkan mendapat julukan sebagai kota kerang. Hal ini dikarenakan Tanjung Balai adalah supplier kerang terbesar di Sumatera Utara. Bahkan kota ini mengadakan acara pesta kerang setiap tahunnya.

Mayoritas penduduk kota Tanjung Balai adalah orang Melayu pesisir. Kota ini merupakan kota yang berbatasan langsung dengan bagian laut selat Malaka. Bisa dikatakan jika Tanjung Balai adalah lumbung ikan bagi Sumatera Utara.

7. Tebing Tinggi

Jika anda ingin membeli ragam oleh-oleh dari Sumatera Utara, maka kota ini yang wajib anda kunjungi. Tebing Tinggi adalah kota yang sering dilalui oleh para turis. Apalagi jika anda ingin menuju ke kota Parapat. Letaknya yang strategis membuat kota Tebing Tinggi masuk ke dalam kota yang besar di provinsi Sumatera Utara.

8. Sibolga

Laut biru bertemankan bukit hijau menjadi ciri khas dari kota Sibolga. Kota Sibolga terkenal karena keindahan lautnya. Mayoritas dari penduduk Sibolga juga orang bersuku Batak. Kota Sibolga juga langsung berbatasan dengan laut. Kota ini terkenal dengan hasil rumput lautnya.

Itulah nama kota-kota penting yang ada di Sumatera Utara. Jika anda ingin mengunjungi langsung kota-kota ini, anda bisa melihat posisinya pada peta Sumatera Utara. Semua kota-kota ini memiliki keunikan yang menjadi ciri khas. Banyak orang yang merasa senang bisa berkunjung ke kota-kota di Sumatera Utara.

Bentangan alamnya yang indah membuat provinsi Sumatera Utara merupakan provinsi yang menakjubkan. Bahkan provinsi ini adalah provinsi yang terbilang maju di pulau Sumatera. Ada banyak potensi dari Sumatera Utara yang bisa dikembangkan.

Peta Sumatera Utara

Letak Geografis Indonesia

Ayu Utami
3 min read

Letak Astronomis Indonesia

Ayu Utami
3 min read

Peta Surabaya

Ayu Utami
3 min read