Peta Malaysia

Peta Malaysia

Peta Malaysia – Malaysia adalah salah satu negara yang ada di kawasan Asia Tenggara. Negara yang satu ini merupakan salah satu negara tetangga Indonesia. Pada peta Malaysia anda akan melihat kawasan negara Malaysia terbagi dalam dua bagian.

Bagian pertama terletak pada bagian utara pulau Sumatera, sedangkan bagian kedua terletak pada bagian utara pulau Kalimantan. Ibukota negara Malaysia adalah Kuala Lumpur, sebuah pusat administratif dari Malaysia. Negara Malaysia dikenal sebagai negara Melayu.

Hal ini dikarenakan mayoritas dari penduduk Malaysia adalah suku Melayu. Jika melihat fakta ini, maka penduduk Malaysia juga hampir sama seperti penduduk pulau Sumatera. Negara Malaysia adalah negara yang bersifat federal tidak sama seperti Indonesia yang berbentuk republik.

Malaysia memiliki kekerabatan yang erat dengan Indonesia. Hal ini dikarenakan banyak kawasan Malaysia yang berbatasan langsung dengan Indonesia. Letak Negara Malaysia ini juga dekat dengan Indonesia.


Gambar Peta Malaysia

Peta Malaysia


Peta Malaysia Lengkap

Peta Malaysia


Peta Buta Malaysia

Peta Malaysia


Peta Negara Malaysia

Peta Malaysia


Peta Malaysia Hitam Putih

Peta Malaysia


Letak Negara Malaysia

Jika anda mencari negara yang paling dekat jaraknya dengan Indonesia, maka jawabannya adalah Negara Malaysia. Pada peta Malaysia, negara ini tepat berada  di bagian utara Indonesia. Untuk mengetahui letak negara Indonesia ini, anda harus mengetahui letaknya secara astronomis dan juga geografis. Berikut ini akan disajikan tentang informasi letak dari negara Malaysia:

1. Letak Secara Astronomis

Secara astronomis Malaysia terletak pada garis 1ᵒLU sampai 7ᵒLU dan 100ᵒBT hingga 119ᵒBT.  Dari letak astronomis ini kita bisa mengetahui jika semua bagian kawasan Malaysia terletak di bagian lintang utara. Malaysia merupakan negara yang memiliki iklim tropis. Hal ini dikarenakan lokasinya yang tidak jauh dari jalur lintas garis khatulistiwa.

2. Letak Secara Geografis

Jika ditinjau dari geografis, Malaysia berbatasan dengan beberapa negara Asia Tenggara lainnya seperti Indonesia, Singapura dan Brunei Darussalam. Malaysia juga berbatasan dengan laut Cina Selatan dan juga laut Sulu serta laut Sulawesi. Letak geografis Malaysia ini terbagi .menjadi dua bagian.

Bagian Malaysia yang berada di utara pulau Sumatera bersinggungan langsung dengan kawasan Singapura. Sedangkan bagian negara Malaysia yang berada di utara pulau Kalimantan langsung berbatasan dengan Brunei Darussalam dan juga Indonesia.

Lokasi secara astronomis dan geografis Malaysia ini jelas mempengaruhi kondisi bentangan alam yang ada di Malaysia. Kondisi bentangan alam Malaysia cukup bagus dan menghijau. Ada banyak hutan dan perkebunan di negara ini. Di Malaysia sendiri ada banyak kota besar yang terkenal.


Kota Besar Yang Terkenal Di Malaysia

Ada beberapa kota besar yang terkenal di Malaysia, Kota-kota besar ini bisa anda lihat langsung pada peta Malaysia. Semua kota-kota yang ada di negara Malaysia memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Di bawah ini akan disajikan informasi mengenai kota-kota besar yang ada di negara Malaysia. Berikut ini nama-nama kota tersebut:

1. Kuala Lumpur

Kota yang paling terkenal di Malaysia adalah Kuala Lumpur. Hal ini wajar sebab Kuala Lumpur adalah ibukota negara dari Malaysia. Kuala Lumpur bisa dikatakan sebagai kota pusat dari negara ini. Kota yang satu ini mengalami perkembangan yang pesat dibandingkan kota-kota yang lainnya yang ada di Malaysia.

Sebagai kota yang cantik, wajar jika Kuala Lumpur menjadi destinasi utama turis yang datang ke Malaysia. Semua kantor parlemen Malaysia juga ada di kota Kuala Lumpur. Akses menuju kota ini juga dipermudah dengan adanya Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur.

2. Johor Bahru

Johor Bahru juga terkenal dengan sebutan kota Tanjung Puteri. Kota yang satu ini merupakan kota kedua  yang paling besar di Malaysia. Johor Baru terkenal sebagai kawasan yang kaya akan keragaman budayanya. Jika anda ingin melihat keragaman budaya yang ada di Malaysia, maka Johor Baharu adalah tujuan utama yang bagus.

Di kota ini anda juga bisa menemukan banyak tempat wisata. Beberapa tempat wisata yang terkenal di Johor Baru adalah tempat wisata sejarahnya. Kota ini merupakan kota yang dekat sekali jaraknya dengan laut. Hal ini karena lokasi kota ini memang terletak di bagian semenanjung Malaysia atau bagian selatan Malaysia.

3. Shah Alam

Kota Shah Alam dulunya terkenal dengan sebutan kota Batu Tiga. Shah Alam terkenal dengan luasnya perkebunan sawit yang terdapat di kawasan ini. Hal ini tidak mengherankan mengingat Malaysia memang terkenal dengan perkebunan sawitnya.

Shah Alam dipimpin oleh seorang walikota. Ada banyak industri yang berkembang di kota ini. Industri yang paling berkembang di kota ini tentunya industri kelapa sawit. Malaysia memberikan perhatian khusus kepada kota Shah Alam. Hal ini dikarenakan potensi yang dimiliki oleh kawasan ini.

4. Subang Jaya

Subang Jaya terletak pada kawasan lembah Kelang. Di Malaysia, Subang Jaya adalah kota yang perkembangannya sangat baik. Tentu saja perkembangan ini didorong dengan kekayaan alam yang ada pada kawasan Subang Jaya. Bahkan penduduk yang ada di kota ini tidak kalah padat dengan penduduk yang ada di kota Kuala Lumpur.

Kota yang satu ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Sarana dan prasarana pendidikan dan kesehatan yang ada di kota ini terbilang lengkap. Hal inilah yang membuat masyarakat di kota Subang Jaya bisa hidup sejahtera.

5. Alor Setar

Kota terbesar yang ada di Malaysia berikutnya adalah Alor Setar. Kawasan kota ini berada di wilayah Kedah. Kota Alor Setar merupakan kota yang maju akan industrinya di Malaysia. Alor Setar merupakan kota yang memang luasnya tidak sebesar kota Kuala Lumpur. Namun bisa dikatakan jika kota ini memiliki kontribusi yang besar bagi Malaysia.

Itulah nama-nama kota besar yang ada di Malaysia. Bila anda ingin mengetahui secara lengkap tentang posisi kota ini, anda bisa melihat langsung di peta Malaysia. Pada peta Malaysia posisi kota-kota ini terlihat sangat jelas. Bentangan alam yang ada di Malaysia juga cukup mengagumkan.


Kenampakan Alam Di Malaysia

Kenampakan alam di negara Malaysia sangat beragam. Malaysia merupakan negara yang kaya akan bentangan alamnya. Ada banyak kenampakan alam di Malaysia. Berikut ini beberapa kenampakan alam yang indah di Malaysia:

1. Gunung

Malaysia memiliki kenampakan alam berupa gunung-gunung. Ada banyak gunung yang terkenal di Malaysia. Beberapa gunung tersebut antara lain, Gunung Ledang, Gunung Highlands, Gunung Jerai dan Gunung Kinabalu.

2. Sungai

Negara Malaysia juga memiliki banyak kenampakan alam berupa sungai. Beberapa sungai yang ada di Malaysia adalah sungai Negeri Sembilan, Lata Kinjang dan sungai-sungai lainnya. Secara umum kenampakan sungai ini bisa dikatakan hampir mirip dengan yang ada di Indonesia.

3. Pantai

Malaysia juga negara yang berbatasan langsung dengan laut, jadi tidak mengherankan jika negara yang satu ini memiliki banyak pantai yang bagus. Beberapa pantai yang terkenal di Malaysia adalah  Pantai Cahaya Bulan, Pantai Merdeka dan Pantai Morib.

Kenampakan alam yang ada di Malaysia membuat negara ini menjadi negara yang makmur dan juga kaya akan keragaman hayati. Malaysia adalah negara yang makmur dan juga sangat strategis posisinya. Hal ini jelas menguntungkan negara ini.

Untuk mengetahui lebih mendalam tentang negara Malaysia, anda juga bisa langsung mengamati gambar peta Malaysia. Negara ini adalah negara besar yang menjadi tetangga yang baik bagi  Indonesia. Ada banyak kerjasama yang dijalin Malaysia dengan Indonesia.

Peta Malaysia

Letak Geografis Indonesia

Ayu Utami
3 min read

Letak Astronomis Indonesia

Ayu Utami
3 min read

Peta Surabaya

Ayu Utami
3 min read