Peta Kalimantan

peta pulau kalimantan

Peta Kalimantan – Salah satu pulau besar yang ada di Indonesia adalah pulau Kalimantan. Saat anda melihat gambar peta Kalimantan, pulau ini sebenarnya ditempati oleh 3 negara sekaligus. Indonesia adalah pemilik bagian pulau Kalimantan terbesar disusul Malaysia dan Brunei Darussalam. Melihat fakta ini anda bisa membayangkan besarnya pulau Kalimantan.

Meskipun pulau ini paling besar di Indonesia, nyatanya pulau Kalimantan memiliki penduduk yang relatif lebih sedikit daripada pulau lainnya. Luas pulau Kalimantan sekitar 743.330 kilometer persegi. Dengan luas tersebut penduduk pulau Kalimantan hanya berkisar sekitar 21 juta jiwa.

Letak dari pulau Kalimantan ini bisa ditinjau secara astronomis dan juga geografis. Khusus bagi anda berikut ini akan disajikan informasi lengkap seputar  pulau Kalimantan.  Informasi tersebut mulai dari letak, negara yang ada di dalamnya hingga provinsi-provinsi  Indonesia yang berada di pulau Kalimantan.


Gambar Peta Kalimantan

Gambar Peta Kalimantan


Peta Kalimantan Barat

Peta Kalimantan Barat


Peta Kalimantan Timur

Peta Kalimantan Timur


Peta Kalimantan Tengah

Peta Kalimantan Tengah


Peta Kalimantan Utara

Peta Kalimantan Utara


Peta Kalimantan Selatan

Peta Kalimantan Selatan


Peta Pulau Kalimantan

peta pulau kalimantan


Letak Pulau Kalimantan

Untuk menentukan letak sebuah pulau, anda bisa mengacu pada letak pulau tersebut secara astronomis dan juga secara geografis. Begitu juga jika anda ingin mengetahui letak dari pulau Kalimantan yang sebenarnya. Berikut ini informasi letak pulau Kalimantan secara astronomis dan geografis:

1. Letak Secara Astronomi

Jika dilihat secara astronomis, pulau Kalimantan terletak di posisi 4ᵒLU sampai 4ᵒLS dan juga terletak diantara 108ᵒBB sampai 119ᵒ BT. Mengacu pada letak astronomis ini maka pulau Kalimantan merupakan salah satu pulau yang dilintasi garis 0ᵒ atau sering kita sebut sebagai garis khatulistiwa. Dengan demikian bisa dipastikan jika seluruh bagian pulau Kalimantan adalah kawasan tropis.

2. Letak Secara Geografis

Secara geografis pulau Kalimantan terletak pada bagian utara Indonesia. Pulau ini terletak di perairan laut Cina Selatan. Sebelah utara bagian pulau Kalimantan berbatasan dengan Laut Sulu. Sedangkan bagian timur berbatasan dengan laut Jawa. Pada bagian barat Kalimantan berbatasan dengan laut Cina Selatan sedangkan di selatan berbatasan dengan selat Karimata.

Setelah mengetahui tentang letak dan posisi pulau Kalimantan, sebaiknya anda mengetahui tentang 3 negara yang ada di pulau Kalimantan. Di atas peta Kalimantan anda akan bisa dengan mudah menemukan ketiga negara ini. Semua negara ini hidup rukun dalam satu pulau yang sama yaitu pulau Kalimantan.


Negara-Negara Yang Ada Di Pulau Kalimantan

Pada umumnya satu pulau hanya dimiliki satu negara saja. Namun hal tersebut tidak berlaku bagi pulau Kalimantan. Nyatanya ada 3 negara di kawasan Asia Tenggara yang menduduki pulau ini. Hal itu bis kita lihat pada peta Kalimantan. Masing-masing negara ini memiliki kedaulatannya masing-masing. Berikut ini informasi tentang 3 negara yang berada di pulau Kalimantan:

1. Indonesia

Indonesia adalah negara yang memiliki wilayah terluas dari pulau Kalimantan, berbeda dari kedua negara lainnya yang hanya memiliki wilayah kecil. Bahkan Indonesia mendirikan 5 provinsi di pulau Kalimantan. Kelima provinsi ini masing-masing juga memiliki wilayah yang terbilang cukup luas. Kepadatan penduduknya yang jarang membuat pulau ini ideal bagi transmigran.

Meskipun wilayahnya besar, Indonesia tidak meletakkan kegiatan pusat administratifnya di pulau Kalimantan. Indonesia tetap memilih Jakarta yang ada di pulau Jawa sebagai pusat pemerintahan. Namun walaupun demikian Indonesia menaruh perhatian besar pada pulau Kalimantan. Ada banyak perkebunan dan juga pertambangan yang berada di kawasan Kalimantan milik Indonesia.

2. Malaysia

Negara Malaysia adalah negara yang memiliki wilayah terluas nomor 2 atas pulau Kalimantan. Kawasan Malaysia yang berada di pulau Kalimantan disebut sebagai kawasan Sabah dan Serawak. Kedua kawasan ini memiliki ibu negeri masing-masing. Sabah memiliki ibu negeri Kinabalu dan Serawak memiliki ibu negeri Kuching.

Malaysia adalah negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia melalui jalur darat. Masyarakat Indonesia dan Malaysia yang berada di perbatasan sudah terbiasa hidup damai dan rukun. Hal ini dibuktikan dengan tidak adanya konflik serius yang ditemui di perbatasan ini.

3. Brunei Darussalam

Brunei Darussalam merupakan negara yang memiliki wilayah terkecil dari pulau Kalimantan. Berbeda halnya dengan Indonesia dan Malaysia yang memiliki wilayah lain selain di Kalimantan, wilayah Brunei hanya terpusat pada pulau Kalimantan. Walaupun negaranya kecil bisa dikatakan Brunei adalah negara yang makmur. Bahkan negara ini dijuluki negara petro dollar.

Ibukota negara dari Brunei Darussalam adalah Bandar Seri Begawan. Brunei Darussalam berbatasan langsung dengan Malaysia, namun tidak berbatasan langsung dengan Indonesia. Negara Brunei adalah negara yang juga menjalin kerjasama dengan baik dengan Indonesia dan Malaysia.

Ketiga negara tersebut yang akan anda temukan pada peta Kalimantan. Khusus untuk Indonesia, Indonesia memiliki 5 provinsi besar pada pulau Kalimantan. Kelima provinsi ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda.


Provinsi Yang Ada Di Kalimantan

Sebagai warga Indonesia, anda harus mengenal lebih dalam tentang pulau Kalimantan ini. Anda harus mengetahui apa saja provinsi yang ada di Kalimantan yang juga dapat dilihat pada peta Kalimantan. Berikut ini kelima provinsi yang ada di pulau Kalimantan:

1. Provinsi Kalimantan Timur

Kalimantan Timur biasa disebut dengan singkatan Kaltim. Provinsi yang satu ini memiliki ibukota bernama Samarinda. Provinsi ini dihuni oleh beragam suku yaitu suku Banjar, suku Dayak dan berbagai suku lainnya. Di Kalimantan Timur terdapat banyak sungai yang panjang. Bahkan sungai terpanjang di Indonesia terdapat di sini yaitu sungai Kapuas.

2. Provinsi Kalimantan Barat

Pontianak adalah nama ibukota dari provinsi Kalimantan Barat. Bersebelahan dengan Kalimantan Timur, provinsi yang biasa disingkat dengan Kalbar ini memiliki wilayah yang luas. Suku asli dari provinsi ini adalah suku Dayak. Provinsi Kalbar memiliki julukan provinsi seribu sungai. Bahkan di kawasan ini anda bisa menemukan pasar terapung atau pasar di atas sungai.

3. Provinsi Kalimantan Tengah

Kalimantan tengat atau Kalteng adalah provinsi yang terkenal dengan perkebunan sawitnya yang luas. Provinsi ini memiliki ibukota bernama Palangka Raya. Di Kalimantan tengah juga terdapat kawasan hutan yang luas. Jadi tidak heran jika Kalteng kaya akan satwa liar. Di sini anda bisa menemukan beruk, kuskus, trenggiling dan satwa langka lainnya.

4. Provinsi Kalimantan Selatan

Provinsi Kalimantan Selatan juga dikenal dengan sebutan Kalsel, provinsi yang satu ini adalah provinsi yang memiliki ibukota bernama Banjarbaru. Kalsel  juga sangat terkenal dengan pasar terapungnya. Tentu saja hal ini dikarenakan kawasan sungainya yang luas dan memanjang. Bagi masyarakat setempat, melakukan aktivitas di atas sungai adalah hal yang biasa.

5. Provinsi Kalimantan Utara

Dari semua provinsi yang ada di Indonesia, provinsi Kalimantan Utara adalah provinsi paling muda dan baru didirikan tahun 2012. Ibukota provinsi ini adalah Tarakan. Provinsi Kalimantan Utara adalah provinsi yang berbatasan langsung dengan Malaysia.

Itulah kelima provinsi yang ada di pulau Kalimantan. Jika anda melihat peta Kalimantan anda bisa menemukan kelima provinsi tersebut dengan mudah. Kalimantan adalah pulau yang kaya dari segi keragaman hayati, budaya maupun penduduknya. Meskipun penduduknya jarang, namun hal itu yang membuat penduduk Kalimantan menjadi makmur.

Secara keseluruhan bisa kita katakan jika Indonesia beruntung memiliki Kalimantan. Pulau yang penuh potensi ini menjadikan Indonesia semakin baik di mata dunia. Wilayahnya yang luas, lokasinya yang berada di tengah Indonesia membuat Kalimantan cukup istimewa.

Peta Kalimantan

Letak Geografis Indonesia

Ayu Utami
3 min read

Letak Astronomis Indonesia

Ayu Utami
3 min read

Peta Surabaya

Ayu Utami
3 min read