Peta Jepang

Peta Jepang

Peta Jepang – Jepang merupakan salah satu negara di Asia Timur yang bertetangga dengan berbagai negara Asia Timur lainnya. Seperti Korea, Republik Rakyat Cina, Rusia, dan Korea. Sesuai dengan peta Jepang, negara ini berbatasan dengan Samudra Pasifik di sebelah barat dan berbatasan dengan Laut Jepang di sebelah timur.

Negara ini juga disebut sebagai negara kepulauan karena Jepang memiliki lebih dari 6000 pulau, mulai dari pulau kecil hingga pulau besar. Produk-produk Jepang banyak beredar di seluruh dunia, sehingga Jepang menjadi negara maju.

Jepang memiliki gunung tertinggi yang juga sering dikunjungi wisatawan, yaitu Gunung Fuji. Untuk Anda yang ingin mengunjungi negara ini, terlebih dahulu Anda bisa melihat peta jepang dan keterangannya yang ada di bawah ini.


Gambar Peta Jepang

Peta Jepang


Peta Jepang Lengkap

Peta Jepang


Peta Negara Jepang

Peta Jepang


Peta Buta Jepang

Peta Jepang


Peta Jepang Hitam Putih

Peta Jepang


Pembagian Provinsi Jepang

Pada peta Jepang dan keterangannya di atas, negara ini memiliki 47 prefektur serta bisa dikelompokkan menjadi delapan wilayah. Sebagian besar wilayah yang ada di Jepang berada di Pulau Honshu, sedangkan untuk Pulau Okinawa masuk ke dalam wilayah Kyuushuu.

Bagi Anda yang ingin mengetahui prefektur yang ada di Jepang sesuai dengan peta jepang dan keterangannya di atas, Anda bisa mengetahui pembagian prefektur di bawah ini.

 1. Hokkaido

Jika Anda melihat pada peta Jepang, Hokkaido menjadi wilayah yang letaknya di bagian paling utara. Pulau Hokkaido sendiri sekaligus menjadi pulau terbesar kedua di Jepang. Selat Tsugaru menjadi pemisah antara Pulau Hokkaido dengan Pulau Honshu. Jika dibandingkan, luas Pulau Hokkaido dua kali lipat dari Pulau Kyushu. Akan tetapi, penduduknya hanya sebanyak 5,4 juta saja.

Hokkaido dibagi menjadi 4 bagian, yaitu Douhoku, Doutou, Douou, dan Dounan. Douhoku berada di bagian utara Pulau Hokkaido yang memiliki subprefektur Souya, Rumoi, dan subprefektur Kamikawa. Wilayah Doutou memiliki 4 subprefektur, yaitu Okhotsk, Nemuro, Kushiro, dan Tokachi.

Douou merupakan wilayah di Hokkaido bagian tengah dengan 5 subprefektur, yaitu Sorachi, Ishikari, Shiribeshi, Iburi, dan Hidaka. Sedangkan untuk wilayah Dounan yang berada di Pulau Hokkaido di sebelah selatan hanya memiliki dua subprefektur, yaitu Oshima dan Hiyama.

2. Touhoku

Wilayah Touhoku berada di Pulau Honshu sebelah timur laut serta dipisahkan oleh Selat Tsugaru. Touhoku memiliki 6 prefektur, yaitu Aomori, Iwate, Miyagi, Akita, Yamagata, serta Fukushima. Dalam sistem provinsi lama di Jepang, Provinsi Dewa serta Provinsi Mutsu juga masuk dalam wilayah ini.

Touhoku bagian barat dengan Touhoku sebelah timur dipisahkan dengan Pegunungan Oou yang mana memiliki musim panas yang pendek. Biasanya wilayah Touhoku sebelah timur memiliki iklim sejuk pada musim panas yang bisa merusak tanaman. Sedangkan pada musim dingin, wilayah Touhoku memiliki jangka waktu musim dingin yang panjang terutama di wilayah Touhoku Barat.

3. Kantou

Kantou terletak di Pulau Honshu di bagian tenggara serta langsung berhadapan dengan Samudera Pasifik. Wilayah Kantou sendiri terdapat 7 prefektur, yaitu Ibaraki, Tochigi, Gunma, Saitama, Chiba, Tokyo, dan Kanagawa.

Daerah ini memiliki dataran yang paling luas di Jepang yaitu Dataran Rendah Tokyo. Selain itu, kota-kota besar seperti Tokyo, Saitama, dan Yokohama berada di wilayah Kantou. Sehingga wilayah Kantou merupakan wilayah dengan penduduk terbanyak di Jepang. Wilayah Kantou juga memiliki zona industri terbesar di Jepang, yaitu Keiyou dan Keihin.

4. Chuubu

Dalam peta Jepang, Chuubu berada di Pulau Honshu bagian tengah sekaligus juga menjadi wilayah yang terluas di wilayah Pulau Honshu. Chuubu memiliki 9 prefektur, yaitu Niigata, Toyama, Ishikawa, Fukui, Yamanashi, Nagano, Gifu, Shizuoka, Aichi.

Daerah ini memiliki iklim yang berbeda di setiap wilayah. Untuk wilayah yang berada di sekitar Laut Jepang memiliki curah salju yang besar di musim dingin. Sedangkan untuk daerah yang berada di sekitar Samudera Pasifik memiliki iklim sedang setiap tahun. Produk-produk yang dihasilkan oleh masyarakat di wilayah Chuubu adalah beras, jeruk, dan teh.

5. Kinki

Kinki merupakan sebutan geografis untuk daerah Pulau Honshu bagian tengah yang agak ke barat. Wilayah ini juga bisa disebut dengan istilah kansai yang mana umumnya dipakai untuk konteks budaya dan sejarah.

Di wilayah ini juga memiliki 7 prefektur, yaitu Mie, Shiga, Kyoto, Osaka, Hyogo, Nara, dan Wakayama. Luas wilayah Kinki ini mencapai 9% dari total luas wilayah Jepang.

6. Chuugoku

Chuugoku merupakan wilayah yang tepatnya berada di Pulau Honshu bagian barat. Wilayah ini memiliki 5 prefektur, yaitu Tottori, Shimane, Okayama, Hiroshima, dan Yamaguchi. Chuugoku dibagi menjadi dua bagian wilayah, yaitu wilayah San-in yang menghadap laut Jepang dan wilayah San’you yang menghadap Laut Pedalaman Seto.

7. Shikoku

Dari empat pulau utama di Jepang, Pulau Shikoku merupakan wilayah dengan pulau yang paling kecil dan berada di sebelah barat daya Pulau Honshu. Jembatan Seto Ohashi menjadi jembatan penghubung antara pulau ini dengan Pulau Honshu. Shihoku memiliki arti empat provinsi.

Pulau ini memiliki 4 prefektur, yaitu Tokushima, Kagawa, Ehime, dan Kochi. Bagian utara dari Pulau Shikoku memiliki iklim sedikit hujan dan hangat. Wilayah ini juga terkenal dengan industri pertanian serta kehutanan.

8. Kyuushuu

Kyuushuu merupakan bagian paling barat daya serta menjadi pulau yang terbesar ketiga di Jepang. Wilayah Kyuushuu sendiri memiliki 8 prefektur, yaitu Fukuoka, Saga, Nagasaki, Kumamoto. Oita, Miyazaki, Kagoshima, dan Okinawa. Wilayah ini memiliki tiga bagian, yaitu Kyushu Utara, Kyushu Selatan, dan Kyushu Tengah.

Rekomendasi Tempat Wisata Di Jepang

Jepang adalah negara yang memiliki 4 musim, sehingga negara Jepang menjadi negara yang sering dikunjung wisatawan saat liburan. Dengan banyaknya wilayah di Jepang, tentunya membuat Jepang memiliki tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Untuk Anda yang mencari tempat wisata di Jepang saat musim panas, Anda bisa datang ke Universal Studios yang ada di Osaka. Bagi Anda yang beragama Islam, Anda juga bisa menambahkan Masjid Kobe sebagai rekomendasi tempat wisata di Jepang saat musim panas. Tempat wisata di Jepang saat musim panas yang bisa Anda kunjungi adalah Orofure Pass Observatory.

Orofure Pass Observatory berada di kawasan Hokkaido yang menyajikan pemandangan alam dengan ketinggian 930 mdpl. Tempat ini juga menyajikan pemandangan Gunung Yotei serta Danau Toya. Sehingga tempat wisata tersebut bisa menjadi rekomendasi Anda saat berkunjung ke Jepang.

Sedangkan bagi Anda yang mengunjungi Jepang saat musim gugur, ada berbagai rekomendasi tempat wisata di Jepang saat musim gugur. Salah satunya adalah Ueno Park yang ada di pusat kota Tokyo.  Selain Ueno Park, Rikugien Garden bisa menjadi tempat wisata di Jepang saat musim gugur yang bisa Anda kunjungi. Tempat ini berada di Tokyo.

Di daerah Ibaraki, ada satu tempat yang menjadi rekomendasi tempat wisata di Jepang saat musim gugur, yaitu Hitachi Seaside Park. Desa Shirakawa di daerah Gifu juga dapat menjadi rekomendasi tempat wisata di Jepang saat musim gugur karena pemandangannya yang indah. Keindahan alam yang berpadu dengan bangunan tradisional Jepang menjadi daya tarik dari tempat wisata ini.

Penutup

Jepang merupakan negara yang ada di Benua Asia, dan tepatnya di bagian Asia Timur. Pada peta Jepang dan keterangannya di atas, Jepang dibagi menjadi 8 wilayah dengan 47 prefektur. Jepang memiliki 4 musim, sehingga terdapat tempat wisata di Jepang saat musim panas dan musim gugur.

Bagi para wisatawan, memahami peta Jepang dan keterangannya adalah hal yang penting untuk dilakukan. Karena dengan memahami penjelasan yang ada pada peta, Anda tidak akan kebingungan saat menuju ke suatu tempat.

Peta Jepang

Letak Geografis Indonesia

Ayu Utami
3 min read

Letak Astronomis Indonesia

Ayu Utami
3 min read

Peta Surabaya

Ayu Utami
3 min read