Peta Indonesia

peta indonesia

Peta Indonesia – Indonesia dikenal sebagai negara dengan wilayah yang luas. Hal ini terlihat dari peta Indonesia yang jumlah pulaunya lebih banyak dibanding negara di Asia Tenggara lainnya. Indonesia dikenal pula dengan negara kepulauan, negara maritim, negara agraris, dan banyak lagi.

Salah satu negara di Asia Tenggara ini memiliki keragaman dan keunikan yang berbeda dengan negara Asia Tenggara lainnya. Sehingga, tidak heran jika banyak wisatawan mancanegara yang mengunjungi Indonesia bahkan ada yang memilih menetap di Indonesia.

Hal ini tak lain dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya kondisi geografis Indonesia yang berbeda dengan negara lain di dunia.


Gambar Peta Indonesia

peta indonesia


Peta Indonesia Lengkap

peta indonesia


Peta Pulau Indonesia

peta indonesia


Peta Buta Indonesia

peta indonesia


Peta Indonesia Hitam Putih

peta indonesia


Geografi Indonesia

Negara yang beribukota di Jakarta ini memiliki letak yang strategis. Indonesia terletak diantara 6º LU-11º08 LS dan 95º BT-141º BT yang memiliki luas daratan seluas 1.922.570 km2. Sedangkan luas perairannya adalah 3.257.483 km2. Hal ini terlihat jelas di peta Indonesia yang wilayahnya dikelilingi lautan luas dan berada digaris khatulistiwa.

Dengan jumlah pulau yang dimiliki yakni 17.504 pulau, sebanyak 6.000 pulau tidak berpenghuni. Hal ini karena kebanyakan penduduknya mendiami 5 pulau besar, yakni Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Indonesia memiliki batas laut maupun darat sehingga sering kali terlibat konflik dengan negara-negara tetangga. Adapun batas-batas wilayah Indonesia sebagai berikut :

  • Utara. Di sebelah utara Indonesia berbatasan dengan Malaysia, Singapura, Samudra Pasifik, Filipina, Thailand, dan Vietnam.
  • Barat. Di bagian barat, Indonesia dibatasi oleh Samudera Hindia dan negara India.
  • Selatan. Negara Indonesia dibatasi Samudra Hindia dan Timor Leste
  • Timur. Di bagian Timur yakni berbatasan dengan negara tetangga  yaitu Papua Nugini

Pembagian Administratif Indonesia

Negara dengan sistem pemerintahan presidensil dan negara kesatuan berbentuk republik maka secara administratif Indonesia terbagi atas provinsi-provinsi.

Di setiap provinsi terdiri kabupaten, dan kabupaten terbagi lagi menjadi kecamatan hingga tingkat desa. Dengan 34 provinsi terbagi menjadi 416 kabupaten dan 98 kota atau 7.024 daerah setingkat kecamatan dan/atau 81.626 setingkat desa.

Setiap provinsi terdapat Gubernur dan DPRD provinsi. Kabupaten terdapat Bupati dan DPRD Kabupaten, sedangkan kota yaitu Walikota dan DPRD Kota yang dipilih rakyat secara langsung melalui pemilu.

Berikut ini daftar nama Provinsi yang ada di Indonesia beserta nama Ibukotanya :

  1. Aceh – Banda Aceh
  2. Sumatera Utara – Medan
  3. Sumatera Barat – Padang
  4. Riau – Pekanbaru
  5. Kepulauan Riau – Tanjungpinang
  6. Jambi – Jambi
  7. Sumatera Selatan – Palembang
  8. Kepulauan Bangka Belitung – Pangkal Pinang
  9. Bengkulu – Bengkulu
  10. Lampung – Bandar Lampung
  11. DKI Jakarta – Jakarta
  12. Banten – Banten (Serang)
  13. Jawa Barat – Bandung
  14. Jawa Tengah – Semarang
  15. DI Yogyakarta – Yogyakarta
  16. Jawa Timur – Surabaya
  17. Bali – Denpasar
  18. Nusa Tenggara Barat – Mataram
  19. Nusa Tenggara Timur – Kupang
  20. Kalimantan Barat – Pontianak
  21. Kalimantan Tengah – Palangkaraya
  22. Provinsi Kalimantan Selatan – Banjarmasin
  23. Kalimantan Timur – Samarinda.
  24. Kalimantan Utara – Tanjung Selor
  25. Sulawesi Utara – Manado
  26. Gorontalo – Gorontalo
  27. Sulawesi Tengah – Palu
  28. Sulawesi Barat – Mamuju
  29. Provinsi Sulawesi Selatan – Makassar
  30. Sulawesi Tenggara – Kendari
  31. Maluku – Ambon
  32. Maluku Utara – Sofifi
  33. Papua Barat – Manokwari
  34. Papua – Jayapura

Dari jumlah provinsi di Indonesia, ada 5 provinsi yang memiliki status berbeda yang mana memiliki otonomi khusus untuk provinsi-provinsi tersebut. Provinsi-provinsi itu memiliki hak istimewa dan tingkat otonominya lebih tinggi dari provinsi lainnya.


Lingkungan Hidup Indonesia

Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi sehingga tidak jarang disebut dengan “mega biodiversity”. Baik flora maupun fauna yang ada di Indonesia jenisnya sangat banyak dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Daftar flora identitas provinsi di Indonesia adalah daftar flora nusantara yang menjadi simbol flora nasional Indonesia.

Selain itu, dikenal bunga nasional yang mana bunga yang ditetapkan pemerintah sebagai karakteristik bangsa Indonesia, diantaranya bunga melati sebagai puspa bangsa, bunga anggrek bulan sebagai puspa pesona, bunga patma raksasa sebagai puspa langka.

Di setiap provinsi di Indonesia juga terdapat bunga provinsi yang menjadi identitas masing-masing provinsi di Indonesia. Hal ini ditetapkan dalam Surat Kemendagri No. 48 tahun 1989 yang mengatur mengenai Pedoman Penetapan Identitas Flora dan Fauna Daerah.

Selain Flora Indonesia, juga dikenal Fauna Indonesia yang beraneka ragam. Hal ini karena dipengaruhi keadaan alam, gerakan hewan, dan rintangan alam.

Persebarannya dapat dilihat di peta Indonesia sesuai daerahnya masing-masing. Indonesia sendiri menggolongkan jenis fauna menjadi 3 golongan, diantaranya :

  • Fauna Tipe Asiatis. Fauna jenis ini berdasarkan peta Indonesia persebarannya di bagian barat Indonesia sampai Selat Makassar dan Selat Lombok. Hewan-hewan yang hidup didaerah ini berjenis hewan menyusui yang besar, diantaranya adalah gajah, harimau, badak, beruang, dan orang utan.
  • Fauna Tipe Australis. Dilihat dari peta Indonesia, maka fauna tipe ini akan mudah ditemukan di bagian timur Indonesia yakni Papua dan sekitarnya. Contoh fauna yang tersebar di daerah ini dominan jenis burung, seperti burung kasuari, cendrawasih, dan kakaktua.
  • Fauna Peralihan. Fauna tipe ini akan mudah ditemukan di peta Indonesia bagian tengah, yakni Sulawesi dan Nusa Tenggara. Hewan tipe ini disebut juga hewan asli Indonesia yang tidak dapat ditemui di negara lain. Persebaran hewan yang termasuk fauna peralihan diantaranya adalah komodo, babi rusa, anoa daratan dan burung maleo.

Penggolongan fauna di atas merupakan berdasar pada pengelompokan oleh Alfred Russel Wallace dan Max Wilhelm Carl Weber.


Demografi Indonesia

Indonesia sebagai negara yang luas juga memiliki penduduk yang jumlahnya sangat besar. Tidak heran jika Indonesia menempati posisi keempat dengan penduduk terbesar didunia.

Berdasarkan Biro Pusat Statistik, penduduk Indonesia memiliki populasi hampir 270.054.853 juta jiwa pada tahun 2018 ini.

Namun diantara 5 pulau besar Indonesia, Pulau Jawa merupakan pulau dengan penduduk terbanyak khususnya Jakarta yang sangat padat penduduknya.

Penduduk Indonesia sebagian besar merupakan bangsa Austronesia, terdapat juga kelompok Melanesia, Polinesia, dan Mikronesia. Pada akhirnya setiap daerah di setiap pulau memiliki jenis suku masing-masing yang menjadi identitas mereka.

Di Indonesia ada beberapa agama yang diakui, diantaranya adalah Islam, Protestan, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu. Selain itu juga terdapat berbagai kepercayaan yang dimiliki penduduk Indonesia terutama didaerah pedalaman-pedalaman. Sedangkan yang menjadi kelompok mayoritas adalah penduduk yang beragama Islam.


Topografi Dan Iklim Di Indonesia

Indonesia sebagai negara yang terletak di garis khatulistiwa umumnya memiliki iklim yang tropis. Sehingga tidak heran jika Indonesia memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau.

Indonesia dikenal sebagai negara maritim yang memiliki perairan luas ditambah letaknya yang diapit oleh dua Samudera menjadikan Indonesia beriklim laut.

Dengan adanya iklim ini, maka kelembagaan udara cukup tinggi yang mana mencapai lebih dari 80%. Hal ini sebagai akibat dari sifat kepulauan daerah tropis sehingga disebut iklim tropis basah.

Keuntungan dengan adanya iklim laut ini salah satunya adanya pengaruh angin laut yang membawa kelembapan ke daratan. Sehingga, pengaruh tersebut dapat menyejukkan daratan yang panas dan kering di musim kemarau. Sedangkan di malam harinya tidak terlalu dingin karena pengaruh laut yang hangat.

Kepulauan di Indonesia yang terdiri dataran rendah, dataran tinggi, dan pegunungan dengan puncak-puncak yang menjulang menciptakan variasi iklim. Sehingga, di kawasan Indonesia terdapat iklim tropis lembab di daratan rendah dan iklim salju abadi di puncak pegunungan Jaya Wijaya. Ada juga iklim hujan tropis di daerah hadap angin dan iklim kering di daerah bayangan hujan.

Demikianlah beberapa informasi terkait gambaran peta Indonesia dan keanekaragaman didalamnya. Indonesia sebagai negara kepulauan tentunya memiliki keadaan geografis yang menarik dengan letaknya yang strategis.

Dengan berbagai bentuk topografi juga menciptakan keanekaragaman lainnya seperti flora dan fauna yang dapat ditemukan di persebaran berbagai daerah di peta Indonesia.

Selain itu, berbagai bentuk topografi di Indonesia juga menciptakan berbagai iklim yang memberi pengaruh pada aktivitas kehidupan manusianya.

Peta Indonesia

Letak Geografis Indonesia

Ayu Utami
3 min read

Letak Astronomis Indonesia

Ayu Utami
3 min read

Peta Surabaya

Ayu Utami
3 min read