Peta Asia Tenggara

Peta Asia Tenggara

Peta Asia Tenggara – Asia tenggara adalah sebuah kawasan di benua Asia yang berada di bagian tenggara. Jika kita melihat peta Asia Tenggara kawasannya mencakup Indochina dan Semenanjung Malaya serta kepulauan yang berada di sekitar daerah tersebut.

Melihat letaknya Asia Tenggara merupakan daerah yang strategis menjadi bagian dari alur perdagangan internasional. Menjadi keuntungan tersendiri bagi negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara ini, bagi kemajuan negara mereka.

Sebenarnya bagaimana asal-usul kawasan Asia Tenggara ini sehingga dikenal oleh masyarakat internasional. Dan bagaimana penentuan daerahnya berdasarkan administrasi dan kepentingan politis yang ada disetiap negaranya. Berikut akan diulas fakta-fakta mengenai Asia Tenggara.


Gambar Peta Asia Tenggara

Peta Asia Tenggara


Peta Asia Tenggara Lengkap

Peta Asia Tenggara


Peta Buta Asia Tenggara

Peta Asia Tenggara


Peta Negara Asia Tenggara

Peta Asia Tenggara


Peta Asia Tenggara Hitam Putih

Peta Asia Tenggara


Asal-Usul Asia Tenggara

Selama terjadinya perang dunia kedua istilah Asia Tenggara mulai digunakan untuk menggambarkan wilayah yang berada di seputar Indo-China dan Semenanjung-Malaya. Istilah ini semakin populer saat pasukan British South-East Command yang dikomandoi Louis Mountbatten menguasai wilayah-wilayah tersebut. Secara geografis wilayah Asia Tenggara dibagi menjadi dua yaitu:

  • Asia Tenggara Daratan: Negara yang termasuk Asia Tenggara Daratan adalah Kamboja, Vietnam, Myanmar, Thailand, Myanmar dan Laos.
  • Asia Tengara Maritim: Negara yang termasuk Asia Tenggara Maritim adalah Indonesia, Brunei Darussalam, Filipina, Malaysia, Singapore dan Timor Leste.

Kedua kelompok tersebut dibuat berdasarkan letak goegrafis negara-negara tersebut pada wilayah Asia Tenggara. Ada wilayah yang dilihat dalam peta Asia Tenggara secara geografis masuk Asia Tenggara namun secara politis dan administratif masuk wilayah lain. Wilayah tersebut adalah Taiwan yang secara politis masuk ke Asia Timur dan pulau Koskos dan Christmast secara administratif masuk ke Australia.


Sejarah Asia Tenggara

Wilayah Asia Tenggara termasuk negara Indonesia adalah kawasan yang kaya dengan sumber daya alam seperti, rempah-rempah, logam, tambang dan lainnya. Jika dilihat pada peta Asia Tenggara memiliki letak sangat strategis di jalur emas perdagangan dunia. Hal ini membuat kawasan Asia Tenggara semakin diminati oleh negara-negara Eropa.

Banyak negara-negara Eropa yang membuat koloni di negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara kecuali Thailand. Latar belakang yang sama pada negara-negara di Asia Tenggara adalah sama-sama mengalami penjajahan negara Barat khususnya negara Eropa.

Kolonialisasi tersebut menciptakan sejarah panjang bagi bangsa-bangsa yang berada di kawasan Asia Tenggara. Kesamaan sejarah tersebutlah yang membuat negara-negara yang berada di Asia Tenggara bersama-sama membentuk sebuah integrasi regional ASEAN.


Latar Belakang Berdirinya ASEAN

Membentuk sebuah organisasi internasional sebesar ASEAN pasti memiliki latar belakang yang kuat mendasarinya. Berikut ini adalah beberapa persamaan yang menjadi latar belakang dan mendasari terbentuknya ASEAN sesuai yang tertuang dalam deklarasi Bangkok, yaitu:

  • Letak Geografis: Dibentuk karena letaknya sama berada di kawasan Asia Tenggara.
  • Kebudayaan: Memiliki budaya yang sama sebagai sesama rumpun Melayu Austronesia.
  • Rasa Senasib Dan Sepenanggungan: Memiliki kesamaan yaitu merupakan negara-negara jajahan Inggris dan sekutunya menimbulkan rasa senasib dan sepenanggungan.
  • Kepentingan: Memiliki kepentingan yang sama untuk memajukan perekonomian negara sekawasan.

Jadi itulah beberapa persamaan yang menjadi latar belakang terbentuknya ASEAN oleh negara-negara yang ada di peta Asia Tenggara ini. Lalu ada berapa negara dan negara apa saja yang berada di Asia Tenggara dan menjadi anggota ASEAN, di bawah ini ulasannya.


11 Negara-Negara Di Asia Tenggara Anggota ASEAN

Berikut adalah daftar dari 11 negara yang berada di kawasan Asia Tenggara dan menjadi anggota dari ASEAN:

1. Indonesia

Negara yang berbentuk kepulauan ini memiliki beribu kota di DKI Jakarta, memiliki luas wilayah 1.904.000 Km persegi. Wilayah Indonesia sebagian besar adalah lautan, memiliki hasil bumi beraneka ragam mulai hasil pertanian, tambang dan laut. Dikepalai oleh seorang presiden yang dipilih melalui pemilihan langsung melalui pemilu.

2. Singapura

Negara Singapura beribu kota di Singapura dengan luas wilayah 62 Km persegi, menyebabkan negara ini sangat cepat menjadi negara maju. Pada peta Asia Tenggara dapat dilihat negara ini berbatasan dengan Johor, Selat Karimata, Selat Malaka dan Selat Singapura.

3. Malaysia

Salah satu negara maju di Asia Tenggara ini beribu kota di Kuala Lumpur, memiliki luas wilayah 5.765 Km persegi. Dengan penduduk mayoritasnya adalah suku melayu dan cina, dengan agama mayoritas Islam, Budha, Kong Hu Cu dan Kristen. Malaysia adalah negara yang masih serumpun dengan Indonesia.

4. Thailand

Thailand adalah satu-satunya negara Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah, beribu kota di kota Bangkok. Memiliki luas wilayah 512.820 Km persegi, pemerintahannya berbentuk kerajaan konstitusi dengan kepala negaranya adalah Raja. Untuk kepala pemerintahnya dipegang oleh seorang perdana menteri.

5. Filipina

Negara Filipina beribu kota di kota Manila, dengan luas wilayah sekitar 300.322 Km persegi. Pemerintahannya berbentuk republik, berbatasan langsung dengan negara Taiwan di sebelah utara dan dengan laut Sulawesi di sebelah selatannya. Pada bagian barat berbatasan dengan Laut Cina dan dengan Samudera Pasifik di sebelah timur.

6. Brunai Darussalam

Ibu kota negara ini adalah Bandar Seri Begawan, dengan luas wilayah 5.765 Km persegi berbatasan langsung dengan wilayah Malaysia dan laut Cina Selatan. Memiliki penghasilan utama dari minyak bumi dan mata uang yang berlaku adalah Dollar.

7. Kamboja

Negara Kamboja beribu kota di Pnom Phen yang berbatasan langsung dengan Laos dan Thailand, sehingga sebagian besar penduduknya adalah orang Khamer. Memiliki luas wilayah 181.035 Km persegi, dengan bentuk negaranya adalah kerajaan yang dipimpin oleh seorang raja dengan kepala pemerintahan perdana Menteri.

8. Laos

Ibu kota Laos adalah Vientiane, dengan batas negara yang tampak pada peta Asia Tenggara adalah dengan RCC dibagian utara, Vietnam dibagian timur. Kemudian sebelah selatan berbatasan dengan Kamboja dan Thailand, sebelah barat dengan Thailand dan Myanmar.

9. Vietnam

Negara ini beribu kota di kota Hanoi, dengan penduduk asli suku Champa dan Montagnard, Muong, Tay dan juga Nung, Khamer dan China. Penghasilan utama negara ini adalah hasil tani padi dan hasil tambang batu bara. Mata uang yang berlaku di negara Vietnam adalah Dong.

10. Myanmar

Ibu kota negara Myanmar adalah Naypyitaw dengan penduduk aslinya yang masih keturunan Tibet Birma dan suku Shan Karen, Mon dan Kachin. Negara ini memiliki luas wilayah 978.036 Km persegi, dengan hasil alam utama adalah Padi, gandum, kayu jati dan jagung.

11. Timor Leste

Negara ini memiliki ibu kota di Dilli, dengan penduduk asli negara ini adalah suku Timor, Tetum, Galo sebagai suku asli dari daerah yang ada di sana. Kepala pemerintahannya adalah perdana menteri dengan menggunakan bahasa tetun serta portugis, mata uang yang berlaku di sana adalah Dolar.

Demikian adalah fakta-fakta tentang kawasan Asia Tenggara, mulai dari asal-usul, sejarah, sampai kerja sama di dalamnya. Untuk mengetahui letak-letak negara yang termasuk ke dalam kawasan Asia Tenggara anda bisa melihat peta Asia Tenggara agar semakin jelas.

Dengan melihat peta maka visualisasi dari keterangan di atas bisa tampak dengan lebih jelas. Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi anda yang mencari informasi tentang Asia Tenggara.

Peta Asia Tenggara

Letak Geografis Indonesia

Ayu Utami
3 min read

Letak Astronomis Indonesia

Ayu Utami
3 min read

Peta Surabaya

Ayu Utami
3 min read