Gambar Rumah Adat

Gambar Rumah Adat

Gambar Rumah Adat – Indonesia sangat terkenal akan warisan budayanya yang masih kental dan terjaga hingga saat ini. beragam peninggalan kerajaan dan warisan umat terdahulu masih banyak menyimpan sejarah yang sangat ternilai. Nah, salah satu warisan budaya masyarakat Indonesia yang masih terjaga hingga saat ini yaitu rumah adat.

Jika melihat gambar rumah adat ingin rasanya melihat secara langsung. Rumah adat di Indonesia ini memiliki berbagai macam desain dan struktur bangunan yang unik dan indah. Selain itu, warisan budaya rumah adat ini memiliki desain arsitekstur yang sangat indah untuk Anda pahami dan pelajari lebih dalam.

Bentuk dan struktur bangunannya tersebut dapat menjadi inspirasi untuk mendesain sebuah bangunan lain. Selain itu, jika melihat gambar rumah adat di Indonesia ini juga memiliki nuansa keelokan dalam bidang arsitekturnya yang sangat indah.

Maka tak heran, jika bangunan rumah adat di Indonesia ini sangat dirawat dan dijaga kelestariannya agar kualitas dari bentuk bangunan tetap terjaga dengan baik.


Macam-Macam Rumah Adat Di Indonesia

Indonesia memiliki beragam rumah adat yang tersebar di 34 provinsi di berbagai daerah. Masing-masing gambar rumah adat tersebut memiliki ciri khas, bentuk, dan keunikan tersendiri. Berikut ini merupakan macam-macam rumah adat di Indonesia :


1. Rumah Joglo Jawa

Rumah Joglo ini merupakan ciri khas dari rumah adat masyarakat Jawa. Di dalamnya, terdapat beragam area tempat yang sangat penting seperti pendapa, pringgitan, dalem, sentong, gandok, tengen, dan gandok kiwo.

Khusus pada bagian pendapa dalam rumah Joglo ini digunakan sebagai ruang pertemuan untuk acara besar dikarenakan pendapa tidak memiliki sekat.  Selain itu, bagian pendapa ini juga dapat dijadikan sebagai tempat pagelaran seni budaya.

Jika melihat gambar rumah adat Joglo ini terdapat ciri khas yang dimiliki oleh rumah adat Joglo yaitu adanya konstruksi soko guru pada kolom utama. Untuk bagian pringgitan juga dapat digunakan sebagai penghubung antara pendapa dan rumah dalem dan biasa dipakai untuk ruang tamu. Sedangkan bagian dalem biasa digunakan sebagai ruang santai keluarga ataupun privasi.


2. Rumah Krong Bade Aceh

Gambar Rumah Adat

Rumah adat daerah Aceh ini terkenal pula dengan sebutan rumoh Aceh. Ciri khas yang dimiliki rumah Krong Bade ini yaitu adanya tangga di depan rumah yang digunakan sebagi jalan masuk ke dalam rumah. Selain itu, keunikan dari tangga tersebut karena jumlah anak tangganya yang terbilang berjumlah ganjil.

Dengan melihat gambar rumah adat Aceh dapat disimpulkan bahwa rumah adat ini memiliki bangunan yang mengarah garis imajiner ke arah Ka’bah. Model yang dimiliki rumah adat panggung ini memiliki tinggi sekitar 2,5 – 3 meter dengan dinding yang terbuat dari kayu dan dihiasi dengan lukisan.

Tak ketinggalan pula, atapnya pun terbuat dari bahan daun rumbia dan dilengkapi dengan lantai yang berbahan bambu atau enau. Keunikan lain yang tampak dari rumah adat ini yaitu pintu rumahnya dibuat lebih pendek sekitar 1,2 -1,5 meter.


3. Rumah Gadang Sumatera Barat

Gambar Rumah Adat

Rumah adat Sumatera Barat ini terkenal pula dengan sebutan rumah bagonjong atau rumah godang. Keunikan yang tampak jelas dari rumah adat ini yaitu bagian atapnya yang memiliki bentuk seperti tanduk pada ujung atap. Selain itu, ruangan di dalam rumah tersebut juga tidak memiliki sekat kecuali pada kamar tidurnya.

Pada bagian depan rumah adat ini dilengkapi dengan ukiran ornamen dengan beragam motif akar, bunga, daun, ataupun bidang persegi empat dan jajar genjang. Untuk bagian dapur rumah ini dibangun secara terpisah di belakang dinding.


4. Rumah Rakit Bangka Belitung

Gambar Rumah Adat

Rumah adat daerah Bangka Belitung ini terletak pada posisi dan bentuk yang sangat strategis seperti namanya. Kalau dilihat dari gambar rumah adatnya ini, maka Rumah Adat ini terlihat memiliki bentuk bangunan yang mirip dengan rakit dan terletak di atas sungai. Maka tak heran ,jika rumah adat Bangka Belitung ini sangat terkenal di daerah Palembang.

Untuk pembangunan rumah adat ini berada di atas sungai karena sungai dianggap sebagai mata pencaharian masyarakat. Bahan material yang digunakannya pun berupa bambu jenis mayan yang dapat mengambang di atas air. Adapun balok kayu dan papan digunakan sebagai bahan dinding dan bagian atap menggunakan ulit yang dianyam.


5. Rumah Gapura Candi Bentar Bali

Gambar Rumah Adat

Salah satu keunikan yang dimiliki oleh rumah adat Bali ini yaitu karena gapuranya yang khas. Gambar rumah adat Gapura Candi Bentar Bali ini memiliki bentuk yang menyerupai pura dan gapura di bagian depannya. Selain itu, desain arsitekturnya sangat kental dengan ajaran budaya dan agamanya.

Rumah adat Bali ini sangat mudah untuk ditemukan dan masyarakatnya sangat peduli untuk menjaga kelestarian budaya, khususnya rumah adatnya. Untuk bahan material bangunannya tergantung pada kemampuan tiap pemilik rumah adatnya. Masyarakat biasa menggunakan bahan yang terbuat dari lumpur tanah liat sebagai dindingnya. Adapun untuk masyarakat golongan atas menggunakan batu bata untuk dindingnya.


6. Rumah Tongkonan Sulawesi Selatan

Gambar Rumah Adat

Rumah adat masyarakat Toraja biasa disebut sebagai rumah Tongkonan. Gambar rumah adat yang nampak tersebut terlihat ciri khas yang dimiliki oleh Rumah Tongkonan yaitu atapnya yang melengkung seperti perahu tersusun oleh bambu. Nah, di bagian depannya itu terdapat deretan tanduk kerbau dan bagian dalam rumah dijadikan sebagai tempat tidur atau dapur.

Struktur panggung yang dimiliki rumah adat masyarakat Toraja ini memiliki tiang bulat yang menjadi penyangga lantai dinding. Pada bagian papan dinding dan lantai direkatkan tanpa paku yang diikat dengan sistem kunci, sehingga rumah adat ini dapat bertahan dalam waktu lama.


7. Rumah Lamin Kalimantan Timur

Gambar Rumah Adat

Rumah adat yang dibangun oleh masyarakat suku Dayak Timur di Kalimantan ini memiliki ciri khas yang unik. Ciri khasnya yaitu berupa beragam macam corak ornamen yang tampak pada tiap sisi rumah. Selain itu, rumah adat Kalimantan Timur itu dinobatkan sebagai rumah adat terbesar di Indonesia dengan panjang 300 meter, lebar 15 meter, dan tinggi 3 meter.

Di rumah adat ini terdapat dua macam tiang penyangga yang terdiri dari tiang penopang lantai dan penyangga atap. Pada bagian depan rumah adat ini juga dilengkapi dengan patung totem yang dipercaya sebagai dewa oleh suku dayak. Untuk warna yang terdapat pada rumah adat ini memiliki ciri khas dan arti keunikan tersendiri.


8. Rumah Banjar Bubungan Tinggi Kalimantan Selatan

Gambar Rumah Adat

Rumah adat ini merupakan rumah adat yang menjadi ikon dari masyarakat Banjar di Kalimantan Selatan. Bentuk yang terlihat dari gambar rumah adat ini memanjang dengan ciri khas rumah yang dapat menyesuaikan fungsi ruangannya. Bentuk atap yang tiba-tiba dapat meninggi pun menjadi salah satu keunikan dan ikon dari rumah adat ini.

Untuk bahan bangunan yang dimiliki rumah adat Kalimantan Selatan ini terbuat dari bahan kayu yang sangat kuat. Sehingga, rumah adat ini sangat terjaga kelestarian dan kualitasnya dengan baik.


9. Rumah Sasak Lombok

Gambar Rumah Adat

Pulau Lombok yang tidak kalah dengan keindahan pulau Bali ini ternyata juga memiliki rumah adat yang sangat indah. Rumah adat Lombok yang terkenal dengan nama rumah Sasak ini memiliki bentuk dan bahan material yang unik.

Selain itu, dindingnya juga terbuat dari anyaman dan atap rumahnya terbuat dari bahan jerami atau alang-alang. Untuk bahan lantainya sendiri terbuat dari campuran batu bata, abu jerami, dan getah pohon. Setiap bagian dari rumah adat Lombok ini memiliki ruangan yang terbagi berdasarkan kegunaan dan kebutuhan.

Itulah beberapa penjelasan gambar rumah adat di Indonesia yang paling unik dan menarik. Anda sebagai masyarakat Indonesia harus mampu menjaga kelestarian budaya di Indonesia, khususnya rumah adat. Dengan begitu, kualitas budaya rumah adat di Indonesia nantinya akan terjaga kualitasnya dengan baik.

Gambar Rumah Adat

Rumah Adat Jawa

Kartika Aryani
3 min read

Rumah Adat Bengkulu

Kartika Aryani
3 min read